Tuesday, July 16, 2013

BLACK FOREST CAKE



26 Maret 2013, milad Hubby yg ke-29…

            Milad kali ini Bunda Raffa sengaja buatin blackforest special buat Ayah Raffa tercinta ^_^ seperti sebelumnya, selalu terinspirasi dari blognya Mbak Ricke “Just My Ordinary Kitchen” udah lama sekali kepingin nyoba resep blackforest yg bener-bener pake dark cherry..ternyata memang seperti dugaan, yumie banget rasanya. Yg ultah suka banget, apalagi Raffa.. semua kue buatan Bunda dia ngefans abiez.. (dua-duanya pelanggan setia yg pasti akan selalu setia sama kue-kuenya Bunda Raffa, secara hampir tiap waktu dijadiin tim sukses icip2 klo lagi coba resep baru hihihihi..wlopun udah ketebak pasti semua dibilang “enaaak Bunda”.
  


Kata Bunda Ricke, resep dibawah ini adalah satu resep full untuk 3 buah loyang ukuran sekitar 24 cm, klo untuk ukuran loyang 18 cm seperti yg saya buat cukup pakai setengah dari semua resep berikut.
Black Forest Cake
By Ricke Indriani

Bahan Chocolate Sponge Cake (by Yongki Gunawan):
-          8 kuning telur
-          7 telur antero (telur utuh)
-          200 gr gula pasir halus (saya gula pasir biasa diblender halus)
-          15 gr cake emulsifier (saya skip)
-          1 sdt vanilla
-          100 gr terigu protein sedang
-          25 gr maizena
-          25 gr coklat bubuk
-          15 gr susu bubuk full cream
-          150 gr margarin/butter, lelehkan
-          1-2 sdm chocolate pasta blackforest (optional)

Cara Membuat:
-          Panaskan oven 1800C. Siapkan 3 buah loyang ukuran 24 cm, olesi dengan margarin/minyak oles loyang, alasi bawahnya dengan kertas roti/baking paper, olesi lagi dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.
-          Kocok kuning telur, telur utuh, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak.
-          Masukan campuran terigu, maizena, susu bubuk dan vanilla yang sudah diayak secara bertahap. Aduk balik dengan spatula atau mixer kecepatan rendah sampai tercampur rata.
-          Masukkan margarin/butter leleh dan chocolate pasta black forest. Aduk balik dengan spatula hingga benar-benar tercampur rata dan homogen.
-          Tuang kedalam 3 buah loyang yang sudah disiapkan dengan sama rata.
-          Panggang dalam oven sampai matang, sekitar 25 menit hingga permukaannya tidak lengket dan membal saat disentuh.
-          Keluarkan dari oven, segera keluarkan dari loyang dan dinginkan.

Light Simple Syrup:
-          100 gr gula pasir
-          300 mL air
Cara Membuat:
Campur gula pasir dan air, panaskan dengan api kecil tanpa diaduk hingga seluruh gula larut. Matikan api. Aduk-aduk dan dinginkan. Pakai sesuai keperluan jumlahnya.

Vla Dark Cherry:
-          1 kaleng dark cherry, pisahkan buah dan airnya
-          300 mL air dark cherry (air dark cherry kalengan ditambah air sampai 300 mL)
-          50 gr gula pasir
-          3 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air dark cherry
Cara Membuat:
-          Belah dua buah dark cherry. Sisihkan.
-          Masak air dark cherry dan gula pasir hingga mendidih. Kecilkan api. Masukkan larutan maizena. Aduk-aduk dan masak hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api.
-          Masukkan potongan buah dark cherry. Aduk rata. Dinginkan.

Bahan lain:
-          500 mL whip cream cair dingin, kocok kaku (atau 200 gr whip cream bubuk + 400 mL air es, kocok kaku)
-          Dark cooking chocolate
-          Red cherry, strawberry untuk garnish (saya red cherry saja)

Penyelesaian:
Ambil selembar cake, letakkan di cake board atau piring datar. Perciki dengan simple syrup. Beri whipped cream dan vla dark cherry. Tutup kembali dengan selembar cake, ulang proses yang sama sampai lembar cake ketiga, basahi dengan simple syrup kembali. Cover dengan polesan whipped cream, beri dark cooking chocolate. Hias dengan red cherry atau buah lain sesuai selera. Simpan cake disuhu dingin sebelum disajikan.
Note:
Saya susun cake sesuai dengan gambar di blog Mba Ricke, caranya masukkan whip cream dan vla dark cherry kedalam piping bag, gunting ujungnya. Setelah cake diperciki simple syrup, oleskan whip cream dengan cara menyemprotkan whip cream membentuk lingkaran (dimulai dari lingkaran terluar), kemudian buat lagi lingkaran kedua yg lebih kecil dengan jarak kira-kira 2 cm dr lingkaran sebelumnya, dan terakhir buat lingkaran kecil ditengahnya. Jarak antar lingkaran whip cream tersebut diberi vla dark cherry dengan cara yg sama, melingkar mengikuti garis yg sudah dibentuk whip cream, setelah semua tertutup whip cream dan vla dark cherry tutup kue dengan layer berikutnya dan ulangi pemberian whip cream dan vla dark cherry dengan cara yg sama. Sehingga bila dipotong kue yg dihasilkan akan berselang seling antara whip cream dan dark cherry. Tentunya black forest aq belum secantik punya Mba Ricke hehehe..







Share

3 comments:

  1. mba dimna beli plastik arasbique yg cetakan untuk pinggir kue

    ReplyDelete
  2. Mba olshop mana beli cetakan arabisque, trus gmn cara buat bulatan coklat untuk ucapannya itu. Tris

    ReplyDelete