Thursday, December 4, 2014

PIE SUSU (EGG TART)

Hari ini akhirnya berhasil menaklukan rasa penasaran akan resep pie susu yang banyak sekali beredar di internet. Ya.. weekend ini Bunda Raffa memutuskan untuk praktek membuat pie susu. Pasalnya setiap kali ada teman yang pulang dari Pulau Dewata pasti salah satu oleh-oleh yang tidak pernah ketinggalan adalah pie susu. Rasanya yang renyah dan lembut itu membuai lidah, jadi kebayang kalau bisa bikin sendiri setiap saat terbayang pie susu bisa langsung lari ke dapur untuk buat camilan ini.
            Resepnya saya dapatkan dari blog nya Just Try & Taste, resep ini berasal dari mbak Veggy Viarda (pembaca setianya JTT). Saya tertarik mencobanya karena resep ini termasuk resep yang cukup ekonomis, tidak terlalu banyak menggunakan telur, so tidak terlalu “nyesek” seandainya hasilnya tidak sukses xixi.. Resep aslinya ada disini
Pie Susu Bali a la Veggy
Resep diadaptasikan dari Veggy Viarda

Bahan kulit pie:
-          250 gr tepung terigu protein sedang
-          125 gr mentega, kondisi dingin dan keras dari kulkas, potong-potong ukuran 2x2cm
-          1 sdm gula pasir
Untuk adonan susu:
-          3 butir kuning telur
-          ½ kaleng (200 gr) susu kental manis
-          100 mL air
Cara membuat:
Siapkan oven, set disuhu 1600C. Letakkan rak pemanggang ditengah oven. Siapkan cetakan pie. Anda bisa menggunakan cetakan pie ukuran kecil diameter 5 cm, atau Loyang bongkar pasang diameter 20 cm. Olesi cetakan dengan menggunakan margarine. Sisihkan.
Membuat kulit pie (crust):
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan potongan mentega. Aduk dan lumuri mentega dengan tepung, kemudian dengan menggunakan pisau pastry cacah mentega yang berlumur tepung hingga menjadi potongan dan butiran kecil. Adonan akan terasa remah dan kering, teruskan mencacah hingga adonan terlihat menggumpal.
Aduk adonan dengan jemari tangan, gumpalkan hingga adonan menyatu dan tidak ada remah-remah yang lepas. Sisihkan.
Membuat adonan isi:
Siapkan mangkuk, masukkan kuning telur. Aduk dengan spatula balon hingga tercampur baik dan menjadi adonan yang smooth. Masukkan susu kental manis dan air, aduk rata hingga tercampur baik. Saring adonan. Sisihkan.
Tuangkan sebagian adonan ke dalam cetakan pie, tekan-tekan adonan dengan ujung jari dan tutupi seluruh permukaan cetakan. Rapikan adonan yang melewati batas permukaan cetakan dengan memotongnya menggunakan pisau.
Tuangkan adonan  isi, jangan sampai penuh, sisakan sekitar ½ cm dari permukaan pie. Tusuk gelembung udara yang muncul dipermukaan adonan isi dengan tusuk gigi hingga tidak ada gelembung tersisa. Panggang di oven yang telah dipanaskan sebelumnya selama 30 menit atau hingga kulit pie terlihat kuning kecoklatan dan adonan pie tampak mengeras.
Keluarkan pie dari oven, dinginkan hingga benar-benar dingin di dalam loyangnya. Lepaskan hati-hati dan potong pie sesuai selera. Super yummy!
Step-by step crust pie ala Bunda Raffa

Pie Susu Ala Bunda Raffa


            Resep pie susu ini rasanya enak sekali, hanya saja saya belum berhasil membuat crust nya. Adonan crust yang kering dan remah membuat saya kesulitan untuk membentuknya, dan akhirnya terpaksa menambahkan sedikit air dingin pada adonan. Ada sedikit insiden yang fatal, jadi saat saya merasa semua bahan crust sudah masuk dan tercampur, ternyata ada satu bahan yang terlupakan, yup.. saya lupa memasukkan gula pasir ke dalam adonan. Akhirnya setelah adonan menjadi gumpalan saya baru memasukkan gula pasir yang sudah dihaluskan. Saat itu saya sudah yakin tekstur crust saya tidak akan sesuai harapan, saya sempat khawatir crust akan menjadi keras sekali, selain itu saya juga kesulitan membentuk crust menjadi tipis saat memasukkannya ke cetakan, alhasil crust nya jadi terlalu tebal dan betul saja crust nya terasa agak keras (kurang lembut dan renyah) walaupun tidak sekeras yang saya bayangkan, masih lumayan enak juga tetapi untuk adonan susunya sudah enak sekali, manisnya pun pas dengan selera Bunda Raffa. Next time saya pasti akan mencoba lagi sampai berhasil membuat pie yang super mantap rasanya..


Share

No comments:

Post a Comment